Satu-satunya Kantor Kecamatan di Indonesia dengan Perangkat Tehnologi Informasi


Percaya tidak kalau foto ruang ini adalah Kantor Kecamatan? Ini kantor kecamatan Rappocini Makassar. Suasananya sejuk, rapi dan bersih dengan kombinasi desain ruang yang futuristik. Ruangan ini adalah ruang tunggu sekaligus pusat ruang kontrol pelayanan yg baru sy tahu kalau namanya adalah Wall Room. Perpaduan interiornya unik, mirip kabin pesawat ruang angkasa di film Starwars tahun 70-an.

Kebetulan sy mau urus KTP, jadi saya datang pagi untuk hindari antrian. Pas dapat suasana kantor seperti itu, rasa kantukku langsung meruap. Tidak disangka kalau kantor kecamatan yg "kecil" itu ternyata telah mengoperasikan teknologi canggih untuk pelayanan dan pengawasan kinerjanya.

Sambil menunggu, saya iseng searching di google untuk cari tahu. Beberapa media ternyata sudah pernah meliputnya. Perangkat Wall Room ini sudah hampir dua tahun dimanfaatkan memantau kondisi di seluruh kantor kelurahan yang ada di Kecamatan Rappocini. Dari Wall Room itu, camatnya leluasa monitoring seluruh kinerja stafnya. Bahkan datanya terkoneksi langsung ke smart phonenya. Setiap kelurahan dipasangi CCTV untuk memantau kegiatan pelayanan masyarakat.

Betul juga. Sistem pelayanannya efektif dan efisien. Buktinya, urusan ktpku langsung kelar ndk sampai sejam. Gimana tidak, mendaftar antrian pun sdh pakai aplikasi khusus. Untuk ukuran kantor pemerintah, ini sudah luar biasa.

Yang paling keren, kecamatan Rappocini saat ini ternyata masih satu-satunya kantor kecamatan di Indonesia yang menggunakan fasilitas tehnologi informasi seperti Wall Room.

Post a Comment

0 Comments