BREAKING NEWS

Thursday, 3 August 2017

MENGHARAMKAN ROKOK, PRODUKSI KOPI DESA KECIL INI MENDUNIA


Enrekang adalah sebuah wilayah terletak di selatan Tana Toraja Sulawesi Selatan, dengan kontur tanah datarannya yang tinggi. Di Enrekang inilah terdapat desa kecil yang populer bernama Bone-Bone, desa kecil yang dinominasikan sebagai “Desa terbaik Nasional” lantaran aturannya yang unik yakni mengharamkan rokok di wilayah pedesaannya.
Di Indonesia, kebiasaan merokok hampir menjadi budaya di masyarakat, terutama di pedesaan. Namun, di Desa Bone-Bone, kebiasaan itu tidak berlaku. Budaya merokok dilarang keras di Desa Bone-Bone dan menjadi aturan bersama yang tidak boleh dilanggar. Aturan itu diperkuat dengan terpasangnya plang raksasa di gerbang desa dengan tulisan besar, "DILARANG MEROKOK DALAM KAWASAN INI". Selain itu, setiap jalanan desa juga dipasang plang kecil dengan himbauan yang sama.  Aturan pelarangan merokok di Desa Bone-bone merupakan hasil kesepakatan kepala desa bernama Idris dan semua warganya sejak tahun 2004. Jadi, untuk para perokok, jangan harap anda bisa bebas merokok dalam kawasan desa ini, anda bisa kena sangsi moral yang memalukan. Bahkan untuk warga desa yang kedapatan merokok, sangsinya ditambah dengan membersihkan mesjid utama desa selama dua minggu.
Pelarangan rokok dalam kawasan Desa Bone-bone tidak diterapkan hanya karena alasan kesehatan semata. Diketahui bahwa dalam kawasan desa Bone-bone inilah terdapat ribuan pohon kopi arabika Kalosi berkualitas tinggi yang sudah dipelihara bertahun-tahun dengan perlakuan khusus. Daun tanaman kopi pada umumnya sangat peka dengan kondisi udara sehingga apapun aroma sekitarnya berpotensi mempengaruhi kualitas biji dan rasa kopi. 
Lantaran hampir semua warga desa Bone-bone adalah petani kopi, maka Idris, kepala desa kala itu menghimbau warganya agar tidak merokok di dekat pohon kopi apalagi areal perkebunan. Tujuannya, agar cita rasa kopi tidak terkontaminasi karena menyerap aroma lain. Akhirnya disepakati oleh semua warga, untuk tidak merokok dikawasan perkebunan hingga muncullah aturan pelarangan merokok di kawasan desa tersebut.
Aturan pelarangan merokok di desa Bone-bone membuahkan hasil. Selain aktivitas warga yang semakin aktif, produksi kopinya pun terbukti menghasilkan kualitas rasa kopi yang luar biasa. Kopi arabika Kalosi Bone-Bone telah terpilih sebagai salah satu biji kopi terbaik nasional bersama 34 jenis kopi yang tumbuh di Indonesia dan menyita perhatian dunia.

Sejak kontes Kopi Specialty Indonesia 2008, kopi kalosi ditetapkan sebagai kopi arabika terbaik nasional kemudian menjadi kopi terbaik kedua di dunia dalam kontes di Amerika dan Jepang.
Saat ini, kopi Kalosi digandeng oleh produsen kafe jaringan internasional asal Amerika yaitu Starbuck. Standar mutunya pun dipantau langsung oleh para ahli yang khusus didatangkan dari Amerika yang membina petani di desa ini secara kontiniu. 

Share this:

 
Copyright © 2014 Sulawesi Diari. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates