BREAKING NEWS

Sunday, 17 April 2016

Atmosfir Maldives di pulau Kauna Selayar, Sulawesi Selatan


sebuah pulau eksotik bernama pulau Kauna, yang terdapat di Selayar Sulawesi Selatan. Ukuran pulau Kauna terbilang kecil untuk ukuran pulau-pulau di Selayar, permukaannya berupa gundukan pasir putih memanjang dari utara ke selatan. Dari daerah Pattumbukang sekitar 4 jam dengan menggunakan perahu tradisional jolloro dari dermaga Kayuadi ke pulau Kauna sekitar 30 menit.

Pasir putih terhampar di permukaan pulau Kauna, berpadu dengan air laut bening warna biru muda di sekelilingnya, yang semakin keluar semakin pekat. Pulau kecil dengan luas sekitar 5 – 6 ha, ditumbuhi beberapa tumbuhan jati pantai, semak dan belukar pantai. Di sekeliling pulau terlihat warna-warni karang yang nampak jelas dari pemukaan air yang bening.
Kawasan perairan sekitar pulau Kauna dominan dihuni suku Bajo, dimana masyarakatnya dikenal sangat mahir dan akrab dengan lautan. Dibalik keindahan alamnya yang memukau, pulau Kauna masih dikeramatkan sebagian besar warga pulau, banyak kisah legenda masa lalu tersimpan didalamnya. Hal itu menjadi alasan untuk membuat aturan bagi pengunjung untuk tidak membuang kotoran atau sampah disembarang tempat.






Fotografer: Adi Mirwan © Bidang Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Selayar/ Referensi : Rakhmat Zaenal

Share this:

 
Copyright © 2014 Sulawesi Diary. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates