BREAKING NEWS

Monday, 13 August 2018

Sulsel Mulai diguncang Gempa


Selasa, tanggal 14 Agustus 2018 pukul 05:27:24 Wita telah terjadi gempabumi tektonik di daerah Luwu Timur dan sekitarnya.
Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan M = 3.4 Skala Richter. Lokasi pusat gempa berada di darat, 18 Km Barat laut Luwu Timur pada koordinat 2,42 LS – 121.15 BT pada kedalaman 10 km. Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan akibat aktivitas Sesar Matano.
Dari hasil pemodelan shakemap, getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara I – II MMI di Sorowako dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi. Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.
Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan lemah-sedang (I SIG BMKG / I-II MMI) di Sorowako.
Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempa bumi dihimbau tetap tenang dan tetap menunggu informasi dari BMKG.
(Fado mbojo/ foto: dronestagram)

Share this:

 
Copyright © 2014 Sulawesi Diari. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates