BREAKING NEWS

Wednesday, 21 March 2018

Istana Negara Papua, Istana Presiden Pertama Di Indonesia Timur


Pembangunan Gedung Negara yang kini sudah rampung di Jayapura sukses dalam kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yakni Lukas Enembe, SIP, MH dan Klemen Tinal, SE, MM. Gedung istana negara di Papua dipastikan mirip dengan Istana Negara dan Istana Merdeka yang ada di Jakarta.

Struktur pembangunan Gedung Negara boleh dikatakan seperti Istana Presiden selain menampilkan kompsisi budaya-budaya adat Papua. Sama halnya dengan Istana Presiden lainnya yang di dalamnya terdapat berbagai adat dan budaya seluruh tanah air.

Fasilitas negara ini adalah yang pertama kali dibangun di wilayah timur Indonesia sejak Presiden RI Ir. Joko Widodo kerap melakukan kunjungan ke Papua khususnya di Kota Jayapura. 

Gedung fasilias negara ini dibangun Pemerintah Provinsi Papua dan diresmikan pada, 10 April 2017 untuk menjadi Istana Presiden di wilayah Timur Indonesia.


Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Tedjo Edhy Purdijatno sempat mengatakan, mendukung kebijakan Presiden Jokowi agar sering datang ke Tanah Papua maka pemerintah berencana membangunkan Istana Presiden di Papua. Hal ini dilakukan agar lebih leluasa saat mengunjungi wilayah paling timur Indonesia tersebut.

Menurut Tedjo, presiden sudah merencanakan sejak awal untuk membangun tempat yang bisa digunakan untuk bekerja dan rapat kabinet supaya lebih dekat dengan masyarakat Papua.

Saat ini, ada enam Istana Kepresidenan yang dapat digunakan Presiden Joko Widodo yakni Istana Merdeka di Jakarta, Istana Bogor dan Cipanas di Jawa Barat, Istana Tampaksiring di Bali dan Istana Gedung Agung di Yogyakarta. Istana negara Papua metupakan yang pertama di wilayah timur Indonesia.

Referensi : papuatoday.com

Share this:

 
Copyright © 2014 Sulawesi Diari. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates