BREAKING NEWS

Thursday, 22 March 2018

Lecehkan Adat Toraja, Dua Remaja Alay Terancam Sanksi Adat


Budaya milenium mencari sensasi, atau sekedar gaya-gayaan seringkali membuat pelakunya kebablasan. Hal itu terbukti ketika viral beredar foto dua orang pengunjung di Objek Wisata Ke’te Kesu, Toraja Utara.
Foto yang berseliweran di beberapa Sosial Media kemudian viral ini memperlihatkan seorang wanita memegang Tengkorak, sementara teman prianya berpose menaruh kaki di atas tengkorak tersebut seolah hendak menginjak tengkorak.
foto ini diposting pada Senin (19/3/ 2018) oleh sebuah akun medsos bernama Rezky. Foto ini dilengkapi dengan keterangan “Liburan Kemaren ke Kampung Semalam Doang nyempetin dulu”. Sementara wanita yang ada dalam foto sudah diketahui pula akun medsosnya dengan nama Khi-kie. Namun kedua akun tersebut kini sudah dihapus sejak fotonya viral.
Salah satu pelaku yang
Diduga dalam akun medsos
Bernama Khi-kie
Aksi dua pengunjung ini telah menuai kecaman dari warga Toraja. Perbuatan mereka dinilai telah melecehkan adat budaya dan menghina tradisi. Selain sudah melanggar aturan adat, para pelaku juga dikategorikan telah melanggar UU perlindungan benda purbakala.
salah satu tokoh pemuda Toraja, Annas Batara, mengutarakan bahwa kejadian seperti ini harus menjadi pelajaran bagi para wisatawan yang ingin datang ke Toraja agar bisa mengontrol diri dalam menghargai adat budaya setempat.
Ia mengatakan kasus ini juga menjadi PR buat pemerintah Kabupaten Toraja Utara khusususnya Dinas Pariwisata dan  pengelola objek wisata di Toraja untuk lebih memperketat pengawasan.
(Sumber torajadaily)

Share this:

 
Copyright © 2014 Sulawesi Diari. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates