BREAKING NEWS

Friday, 16 September 2016

Jelajahi Keindahan Alam Bahari Pulau Tinabo Selayar



Tinabo Island Dive Resort terletak di kepulauan Taka Bonerate Selayar Sulawesi Selatan, salah satu jantung kawasan koral yang terluas dan terkaya biota lautnya di dunia. Dari 21 pulau yang ada di hamparan pulau ini, pulau Tinabo paling strategis karena berada di tengah kawasan. 

Dengan kondisi alam dan habitat lautnya yang masih sangat natural, pulau Tinabo merupakan destinasi yang paling tepat untuk melakukan scuba-diving ataupun snorkelling menjelajahi keindahan kehidupan bawah air dan lingkungan biotanya yang mempesona.

Selain letak lokasinya yang strategis, luas pulau Tinabo sekitar panjang 1,5 kilometer dan lebar 500 meter. Sebuah pulau yang relatif berukuran kecil namun memiliki berbagai daya tarik alami yang membuat pengunjungnya betah untuk menikmati keindahan alamnya.

Tidak banyak orang yang mengunjungi pulau ini, karena terkesan di proteksi tinggi. Hanya Tinabo Island Resort, sebuah operator selam yang melayani di seluruh penjuru kawasan Taka Bonerate seluas 220.000 hektar. 

Seluruh permukaan pulau Tinabo dikelilingi pantai berpasir putih bersih, dikelilingi oleh air laut yang selalu jernih sepanjang waktu. Semakin dalam masuk kedalam air, semakin dinamis warna airnya, dari menjadi kehijauan, biru muda, hingga biru tua menuju ke bagian laut yang lebih dalam. 

Tidak jauh dari pulau Tinabo, ada beberapa hamparan pulau kecil yang tidak berpenghuni yang berfungsi sebagai pelindung pulau Tinabo dari ombak.


Kawasan perairan pulau Tinabo menawarkan banyak pilihan lokasi atau spot dive bagi para penggemar penyelaman. Ada banyak kawasan dengan kontur dinding/jurang untuk wall-dive, area yang miring melandai, hingga pulau-pulau bawah air. Selain itu di sebagian area merupakan arus yang menyenangkan untuk drift-dive.

Untuk mereka yang hobi memotret dan membuat film bawah air, kawasan pulau Tinabo memiliki banyak titik-titik penyelaman dengan beragam obyek natural yang menakjubkan. Hasilnya tentu luar biasa karena tingkat kejernihan bawah air mendukung jarak pandang minimal mencapai 10 meter. 

Tidak terlalu sulit untuk menemukan berbagai biota bawah air seperti critters, nudibranchfrogfishflatwormudangcrocodilefish, ataupun spesies besar macam penyu, hiu, dan gurita pada setiap titik penyelaman, selain keanekaragaman warna terumbu karang yang menghampar luas dengan keindahannya. Keindahan bawah air pulau Tinabo tidak hanya bisa dinikmati oleh para penyelam, banyak tempat di seluruh kawasannya untuk bisa menikmati keindahan bawah airnya hanya dikedalaman 0-5 meter. 


Pulau tinabo menyediakan faslitas penginapan yang cukup lengkap sehingga pengunjung lebih puas menikmati berbagai keindahan panoramanya yang sangat alami.Selain itu, terdapat fasilitas dermaga yang panjang menjorok keluar dari bibir pantai untuk menjadi tempat menikmati senja yang menyenangkan.

Untuk informasi lengkap pulau Tinabo, kunjungi situsnya : http://www.tinaboisland.com/id_index.htm

Foto : Sharben Sukatanya

Share this:

 
Copyright © 2014 Sulawesi Diary. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates