BREAKING NEWS

Sunday, 24 January 2016

Pembuatan badik di tanah Luwu


Badik adalah senjata berupa pisau tradisional khas masyarakat Bugis dan Makassar. Seperti pada umumnya senjata tajam besi, Badik bersisi tajam tunggal atau ganda. Seperti keris, bentuknya asimetris dan bilahnya sering dihiasi dengan  pamor dalam berbagai motif yang ditempa pada besinya. 

Pembuatan badik di Sulawesi Selatan sampai saat ini masih bisa ditemukan dibeberapa daerah yang pada umumnya dibuat dengan cara tradisional. Pembuat Badik yang disebut Panre, cenderung mengidentifikasikan pembuatan badik dari sisi adat dan tradisinya, kendati sering juga dibuat untuk kebutuhan seni dan budaya. Badik terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan karakter tradisi dan fungsinya. Bentuk badik Bugis sedikit berbeda dengan badik Makassar, perbedaannya terletak dari desain besi, namun corak kadang memiliki persamaan.

Panre membuat badik berdasarkan pesanan khusus dengan menyesuaikan karakter si pemesan dengan unsur besi yang akan digunakan.

Pada umumnya, keahlian pembuat badik diperoleh secara turun temurun yang memang sudah menjadi keahlian generasinya. Panre banyak ditemukan di wilayah Luwu, Bone dan beberapa daerah di Makassar.

Share this:

 
Copyright © 2014 Sulawesi Diary. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates